Informasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2024/2025

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Penyelenggaraan pendidikan nasional di Indonesia telah mengalami banyak perubahan, mulai dari paradigma, kurikulum, pelaksanaan pembelajaran termasuk penyelenggaraan kegiatan pengenalan sekolah yang dikenal dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah sebuah istilah yang diberikan untuk penyelenggaraan kegiatan di hari-hari pertama masuk sekolah. Istilah ini dahulu dikenal dengan nama Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru di Sekolah (MOPD). Sesungguhnya kedua istilah tersebut sama-sama dimaksudkan untuk menyiapkan sikap dan mental peserta didik memasuki sekolah baru, mengenal situasi di sekolah baru, mempersiapkan diri untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan tata cara yang mungkin berbeda dengan di tempat belajar sebelumnya, mengenal aturan dan tata tertib, yang semuanya bertujuan agar siswa dapat belajar secara efektif di sekolah yang baru sehingga mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional .

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, maka perlu kiranya dibuat Panduan Penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, sehingga pelaksanaan MPLS berjalan sebagaimana mestinya dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan dan kesehatan bersama. Panduan ini sebagai dasar dalam membuat rencana program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah masing-masing.

Tujuan Pelaksanaan MPLS sebagai berikut :

  1. Mengenali potensi diri Peserta Didik baru.
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
  3. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.
  4. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
  5. Menumbuhkan motivasi dan semangat belajar yang efektif bagi siswa baru.
  6. Menumbuhkan kultur jiwa bangga kepada peserta didik baru untuk belajar, mencintai, dan menjaga nama baik sekolah.
  7. Memperkenalkan organisasi dan ekstrakurikuler yang berada di SMAN 3 Tasikmalaya untuk siswa yang ingin melanjutkan sesuai dengan minat dan bakatnya

Metode dan sistem penyajian MPLS untuk tahun pelajaran 2024/2025 akan dilaksanakan dengan teknik luring (Tatap Muka) di sekolah, dengan metede sebagai berikut :

  1. Metode diskusi informasi, olah pikir (pemecahan masalah) yang dikemas dalam bentuk dinamika kelompok atau dalam bentuk sederhana tentang masalah-masalah actual.
  2. Ceramah Umum tatap muka langsung dengan peserta didik baru.
  3. Bersifat gembira, menyenangkan, tidak mengandung penekanan dan memberi kesan positif yang mendalam bagi peserta didik bahwa mereka telah diterima dan berada di lingkungan sekolah yang baru;
  4. Pentas seni budaya dan renungan atau permainan lainnya dalam rangka penyesuaian diri, pengembangan potensi, minat dan bakat;
  5. Penampilan demonstrasi ekstrakurikuler untuk memperkenalkan ekstrakurikuler
  6. Melibatkan pengurus OSIS dan ketua ekstrakurikuler dalam kepanitiaan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan; dan
  7. Penyampaian materi MPLS tidak mengarah pada perpeloncoan dalam bentuk apapun termasuk menambah atribut di luar seragam sekolah.

Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh Peserta Didik baru hasil seleksi PPDB online dari tahap 1 dan tahap 2.

Contact Person :
WA :

  1. Lia Awalia Sofia (085135011262)
  2. Chika Ramadhani (085777312553)

Instagram : https://instagram.com/osisdpk_smantitas

Jadwal Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2024/2025

Hari : Senin, Selasa dan Rabu
Tanggal : 15, 16, dan 17 Juli 2024
Waktu : 07.00 s/d Selesai
Media Sosial : Akun Instagram

Jadwal Pelaksanaan Masa Orientasi Kepramukaan (MOK) Tahun Pelajaran 2024/2025

Hari : Kamis
Tanggal : 18 Juli 2023
Waktu : 07.00 s/d Selesai
Media Sosial : Akun Instagram


Susunan Acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2024/2025

Hari, tanggal : Senin, 15 Juli 2024

 

Hari, tanggal : Selasa, 16 Juli 2024

 

Hari, tanggal : Rabu, 17 Juli 2024

 

Hari, tanggal : Kamis, 18 Juli 2024

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Add a Comment

Your email address will not be published.